BADAN PERENCANAAN, PENELITIAN, DAN PENGEMBANGAN DAERAH

Jln. Gatot Subroto No. 20 Ungaran, Telp. (024) 6924962, (024) 6924963, e-mail: bappeda@semarangkab.go.id

Berita

Peta RTRW Kabupaten Semarang Untuk Mendukung Kebijakan Satu Peta

Informasi Geospasial merupakan salah satu infrastruktur penting pembangunan nasional yang harus dapat terselenggara secara baik, tertib dan andal. Informasi Geospasial (IG) dapat menjadi fondasi pembangunan apabila menjadi rujukan berbagai stakeholder untuk pembangunan Indonesia. Untuk itu diperlukan adanya Kebijakan Satu Peta (One Map Policy) yang mengandung makna Satu Referensi, Satu Standar, Satu Database dan Satu Geoportal.

Di dalam praktek penyelenggaraan informasi geospasial terdapat beberapa fakta diantaranya  banyak peta yang dibuat oleh berbagai instansi dengan spesifikasi sesuai kebutuhan masing-masing, kebutuhan yang berbeda menyebabkan perbedaan spesifikasi informasi peta tematik yang dapat menimbulkan kesimpangsiuran informasi, dan masih diperlukan mekanisme untuk menyatukan keberagaman menuju kesatuan informasi geospasial dasar dan tematik nasional.

Badan Informasi Geospasial (BIG) sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2011 tentang Informasi Geospasial, memiliki tugas melaksanakan pembinaan dan pengintegrasian Informasi Geospasial Tematik (IGT) yang diselenggarakan oleh lebih dari satu instansi pemerintah dan/atau pemerintah daerah menjadi satu IGT baru.

Dalam kaitannya dengan proses updating peta untuk revisi Peta Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten Semarang, Bappeda Kabupaten Semarang telah melaksanakan asistensi peta dasar dan peta tematik RTRW skala 1:50.000 dengan BIG di Cibinong pada tanggal 26 Oktober 2016 untuk mendukung Kebijakan Satu Peta ini. Melalui proses asistensi ini diharapkan peta yang digunakan dapat memenuhi spesifikasi teknis peta yang dipersyaratkan BIG. Sehubungan dengan batas wilayah dengan kabupaten/kota tetangga, BIG menyarankan agar Bappeda Kabupaten Semarang mengacu kepada batas wilayah definitif yang ditetapkan melalui Permendagri.

Wilayah Kabupaten Semarang berbatasan dengan 8 (delapan) kabupaten/kota yaitu: Kabupaten Kendal, Kota Semarang, Kabupaten Demak, Kabupaten Grobogan, Kabupaten Boyolali, Kabupaten Temanggung, Kabupaten Magelang dan Kota Salatiga. Dalam rangka tertib administrasi pemerintahan di Kabupaten Semarang dan 8 Kabupaten/Kota yang berbatasan telah ditetapkan batas daerah secara pasti (definitif) dengan Permendagri. Bila masing-masing kabupaten/kota menggunakan acuan yang sama diharapkan tidak ada lagi permasalahan batas wilayah dengan kabupaten/kota tetangga.

Sebagai tindak lanjut dari asistensi dengan BIG dilaksanakan kegiatan padu serasi dan sinkronisasi peta RTRW dengan kabupaten/kota tetangga pada tanggal 31 Oktober 2016 di ruang rapat Bappeda Kabupaten Semarang. Kegiatan ini dimaksudkan untuk koordinasi agar masing-masing Kabupaten/Kota dalam menyusun struktur dan pola ruang bisa sinkron dan saling mendukung perkembangan wilayah.

 

[ Lihat Galeri Asistensi Kebijakan Satu Peta ]