BADAN PERENCANAAN, PENELITIAN, DAN PENGEMBANGAN DAERAH

Jln. Gatot Subroto No. 20 Ungaran, Telp. (024) 6924962, (024) 6924963, e-mail: bappeda@semarangkab.go.id

Berita

BIMTEK PENINGKATAN KAPASITAS PERENCANAAN

Fobar_BarenlitbangdaPada tanggal 29 s.d. 31 Oktober 2018 Barenlitbangda telah melaksanakan Kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Kapasitas Perencanaan Kabupaten Semarang Tahun 2018. Kegiatan Bimtek ini diikuti oleh sebanyak 60 (enam puluh) orang peserta dari unit kerja perencanaan seluruh Perangkat Daerah Kabupaten Semarang.

Tujuan diselenggarakannya Kegiatan Bimtek Peningkatan Kapasitas Perencanaan Kabupaten Semarang Tahun 2018 adalah untuk menyamakan persepsi, membangun komitmen dan meningkatkan pemahaman aparatur perencana Perangkat Daerah Kabupaten Semarang dalam rangka mewujudkan kualitas dan konsistensi antara dokumen perencanaan, dokumen penganggaran serta dokumen pelaporan kinerja Pemerintah Daerah yang dalam proses penyusunannya dilakukan secara paralel dengan dokumen perencanaan, dokumen penganggaran serta dokumen pelaporan kinerja Perangkat Daerah.

Kegiatan Bimtek Peningkatan Kapasitas Perencanaan Kabupaten Semarang Tahun 2018 dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Semarang, Bapak Ngesthi Nugraha, SH. Dalam sambutannya Beliau sangat mendukung dan mengapresiasi tinggi penyelenggaraan Bimtek yang diinisiasi oleh Barenlitbangda mengingat pada dasarnya penyusunan perencanaan, penganggaran dan pelaporan kinerja Pemerintah Daerah merupakan kerja tim besar yang sangat membutuhkan partisipasi dan dukungan dari seluruh Perangkat Daerah. Oleh karena itu dibutuhkan satu persepsi, komitmen dan pemahaman bersama agar dapat menyusun dokumen perencanaan, penganggaran dan pelaporan kinerja Pemerintah Daerah secara tepat waktu dan tepat mutu sesuai dengan kaidah dan norma regulasi yang berlaku.

Lebih lanjut Beliau Bapak Wakil Bupati menambahkan dengan mempertimbangkan situasi dan kondisi lingkungan strategis Pemerintah Daerah yang berkembang sangat dinamis, maka kegiatan Bimtek Peningkatan Kapasitas Perencanaan Kabupaten Semarang hendaknya agar dapat dilakukan secara kontinyu setiap tahun untuk merespond dinamika perubahan lingkungan strategis tersebut.

Guna memberikan referensi awal dan informasi dasar yang memadai bagi segenap peserta, maka dalam pelaksanaan Kegiatan Bimtek Hari Pertama dihadirkan 3 (tiga) orang narasumber yang berasal dari 3 (tiga) Perangkat Daerah Kabupaten Semarang, yaitu : Barenlitbangda, BKUD dan Inspektorat yang masing-masing membawakan materi sebagai berikut :

1. Barenlitbangda, membawakan materi bertema : Sinkronisasi Perencanaan Pembangunan Daerah;
2. BKUD, membawakan materi bertema : Perencanaan Penganggaran Berbasis Kinerja;
3. Inspektorat, membawakan materi bertema : Reviu Atas Perencanaan Pembangunan dan Anggaran Pemerintah Kabupaten Semarang Tahun 2018.

 Fobar Slawi
                           Kunjungan Studi Lapangan di Bappeda dan Litbang Kabupaten Tegal
a558ce09-6f9b-455a-bde4-470dbe4eec5f 
                                    Kunjungan Studi Lapangan di Bappeda Kota Pekalongan

Sementara pada pelaksanaan Kegiatan Bimtek Hari Kedua dan Ketiga dilakukan kunjungan studi lapangan ke Bappeda dan Litbang Kabupaten Tegal serta Bappeda Kota Pekalongan. Kunjungan studi lapangan ke 2 (dua) lokus tersebut ditujukan untuk memperoleh referensi best practices perumusan dan pelaksanaan strategi kebijakan oleh Pemerintah Daerah pada kedua lokus tersebut yang telah berhasil meraih penghargaan perencanaan pembangunan daerah terbaik tingkat Provinsi Jawa Tengah dan tingkat Nasional.