BADAN PERENCANAAN, PENELITIAN, DAN PENGEMBANGAN DAERAH

Jln. Gatot Subroto No. 20 Ungaran, Telp. (024) 6924962, (024) 6924963, e-mail: bappeda@semarangkab.go.id

Berita

STUDI KOMPARASI DRD KAB. SEMARANG TERKAIT IMPLEMENTASI BUS SEKOLAH

Stukom Bus Sekolah04

Dalam rangka evaluasi implementasi bus sekolah, Dewan Riset Daerah (DRD) Kabupaten Semarang melakukan study komperasi di Kabupaten Tabanan Bali pada tanggal 26 -27 November 2018. Pada kesempatan tersebut Wakil Bupati Semarang Bapak Ngesti Nugraha, SH berkenan memimpin rombongan study yang dilaksanakan oleh DRD, Kepala Barenlitbangda dan Kepala Dishub beserta jajarannya. Study ini bertujuan menambah wawasan informasi terkait pelaksanaan kebijakan implementasi bus sekolah, sehingga memperoleh materi sebagai bahan pertimbangan implementasi bus sekolah di Kabupaten Semarang.

Kabupaten Tabanan memiliki layanan transportasi sekolah dengan nama TRANS SERASI (Transportasi Sehat Rapi Aman dan Berprestasi). Layanan ini melalui mekanisme “Buy The Service“ yakni trayek angkutan kota dan pedesaan menjadi trayek angkutan siswa pada jam berangkat dan pulang sekolah, dalam hal ini Pemerintah membeli layanan angkot dan angdes yang ada. Total armada angkutan sekolah sebanyak 146 unit untuk melayani sebanyak 17.164 siswa.

 Stukom Bus Sekolah03  Stukom Bus Sekolah02

Dalam kesempatan itu juga, DRD Kabupaten Semarang bersilaturahmi ke Kelompok Ahli Gubernur Bali yang diterima oleh Kepala Bidang Litbang Bappeda Litbang Provinsi Bali beserta Perwakilan Kelompok Ahli dan beberapa Perangkat Daerah. Tim Kelompok Ahli tersebut mempunyai tugas membantu Gubernur dalam pelaksanaan pembangunan di Provinsi Bali, mulai perencanaan, pelaksanaan serta evaluasi pembangunan. Tim Kelompok Ahli juga mendampingi Kepala Perangkat Daerah dalam rangka perencanaan pembangunan dan upaya penyelesaian masalah yang berkembang di masyarakat, dengan demikian peran kelompok ahli tersebut identik dengan peran DRD di Kabupaten Semarang.