BADAN PERENCANAAN, PENELITIAN, DAN PENGEMBANGAN DAERAH

Jln. Gatot Subroto No. 20 Ungaran, Telp. (024) 6924962, (024) 6924963, e-mail: bappeda@semarangkab.go.id

Berita

Workshop Peningkatan Kapasitas Perencanaan Bagi PD Kabupaten Semarang Tahun 2019

 Wabup Plakat

Pada tanggal 11 s.d. 13 April 2019 Barenlitbangda Kabupaten Semarang bekerja sama dengan Lembaga Pengabdian Masyarakat (LPM) Universitas Tujuh Belas Agustus (Untag) Semarang telah menyelenggarakan Workshop Peningkatan Kapasitas Perencanaan Bagi Perangkat Daerah yang bertemakan : “Studi Analisis Pencapaian Target RPJMD Kabupaten Semarang Tahun 2016-2021”.

Kegiatan workshop diselenggarakan di Ramada Suites Hotel, Colomadu, Karanganyar dan diikuti oleh seluruh Kepala dan Sekretaris/Kepala Bagian Tata Usaha dari Perangkat Daerah Kabupaten Semarang non Kecamatan serta para perwakilan Pimpinan BUMD Kabupaten Semarang.

Kegiatan workshop dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Semarang, Bapak Ngesthi Nugraha, S.H. yang didampingi oleh Rektor Untag Semarang Dr. H. Suparno, M.Si.; Sekda Kabupaten Semarang, Bapak Drs. Gunawan Wibisono, M.M. dan Ketua LPM Untag Semarang, Dr. Agus Wibowo, S.H., M.Si.

Dalam sambutannya membuka kegiatan workshop, Wakil Bupati Semarang menyampaikan bahwa tujuan diselenggarakannya Workshop Peningkatan Kapasitas Perencanaan Bagi Perangkat Daerah yang bertemakan : “Studi Analisis Pencapaian Target RPJMD Kabupaten Semarang Tahun 2016-2021” adalah untuk membangun kesamaan persepsi diantara segenap Kepala Perangkat Daerah Kabupaten Semarang guna menuntaskan pencapaian target Indikator Kinerja Utama (IKU) RPJMD Kabupaten Semarang Tahun 2016-2021 yang secara efektif hanya tinggal menyisakan sekitar 2 (dua) tahun lagi.

Wabup Buka

Oleh sebab itu, dengan mengingat bahwa tahun 2019 adalah pelaksanaan tahun ke-4 dari RPJMD Kabupaten Semarang, maka harus segera dilakukan upaya percepatan pencapaian target-target akhir RPJMD sehingga dapat mencerminkan keberhasilan pelaksanaan visi, misi, tujuan dan sasaran yang akan dicapai pada akhir masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati Semarang.

Berdasarkan hasil evaluasi LKPJ Bupati Semarang Tahun 2018 terdapat 14 (empat belas) IKU RPJMD yang tidak tercapai, yaitu :

1. Tingkat Pertumbuhan ekonomi;
2. Nilai PDRB;
3. PDRB per kapita;
4. Persentase Bangunan ber-IMB;
5. Produktivitas hasil hutan per tahun;
6. Produktivitas hasil pertanian per tahun;
7. Pola pangan harapan;
8. Persentase pemuda berprestasi;
9. Persentase peningkatan jumlah industri kecil yang berijin;
10. Masyarakat yang mengakses media informasi pembangunan daerah;
11. Luas lingkungan permukiman kumuh;
12. Tersedianya dokumen tata ruang yang disahkan;
13. Persentase usulan kegiatan berbasis musrenbang yang tertuang dalam RKPD;
14. Realisasi indikator kinerja yang tercapai sesuai target.

Sementara sampai dengan tahun 2018, rata-rata Akumulasi Capaian Relatif Atas Target Akhir IKU RPJMD Kabupaten Semarang Hingga Tahun 2018 baru mencapai sebesar 51,40%. Capaian tertinggi berhasil diraih di misi kelima dengan akumulasi capaian relatif mencapai sebesar 83,33%. Sementara capaian terendah adalah pada misi keenam yang akumulasi capaian relatifnya masih belum tercapai.

Dengan demikian diperlukan upaya ekstra untuk mengakselerasi kinerja pencapaian target akhir IKU pada tiap-tiap misi agar dapat terealisasi seluruhnya sebesar 100% diakhir masa berlakunya RPJMD Kabupaten Semarang Tahun 2016-2021.

Materi Sekda  Materi Ismail Amir 

Materi Ka.DPRD

Guna memperdalam pengetahuan para peserta, dalam penyelenggaraan workshop dihadirkan 3 (tiga) orang narasumber yang masing-masing membawakan materi sebagai berikut :

1. Drs. Gunawan Wibisono, M.M., Sekda Kabupaten Semarang, membawakan materi tentang Penguatan Integritas Pimpinan Perangkat Daerah;
2. Ismail Amir, praktisi/tenaga ahli LPM Untag Semarang, membawakan materi tentang Evaluasi dan Strategi Penyelesaian Pencapaian IKU RPJMD Kabupaten Semarang Tahun 2016-2021; dan
3. Bambang Kusriyanto, Bsc., Ketua DPRD Kabupaten Semarang, membawakan materi tentang Peran DPRD dalam Mengawal Pelaksanaan RPJMD.

Piagam Pemateri

Disamping itu, sebagai pengayaan referensi bagi para peserta turut dihadirkan pula 3 (tiga) orang narasumber dari unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) yang masing-masing membawakan materi sebagai berikut :

1. Kapten Infanteri (Inf) Romdani, Perwira Seksi Teriorial (Pasiter) Kodim 0714 Salatiga, membawakan materi tentang Wawasan Kebangsaan;
2. Ajun Komisaris Polisi (AKP) Agung Raharjo, Kepala Bagian Perencanaan (Kabag. Ren.) Polres Semarang, membawakan materi tentang Pengamanan Pelaksanaan Pemilu Presiden (Pilpres) dan Pemilu Legislatif (Pileg);
3. Jaksa Muda pada Bagian Perdata dan Tata Usaha Negara Kejaksaan Negeri Kabupaten Semarang, membawakan materi tentang Peran Kejaksanaan dalam Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara.

Berdasarkan penyelenggaraan workshop dapat dirumuskan rencana tindak lanjut dalam rangka pencapaian target akhir RPJMD Kabupaten Semarang Tahun 2016-2021 sebagai berikut :

1. TAPD Kabupaten Semarang agar dapat merumuskan formulasi anggaran dan belanja yang lebih rasional dan proporsional untuk mengawal pencapaian realisasi target akhir RPJMD secara efektif dan efisien.
2. Segenap jajaran Perangkat Daerah agar segera melaksanakan hal-hal sebagai berikut :
a. Menyusun program dan kegiatan yang terfokus dalam penyusunan RKPD dan Renja Tahun 2020 serta RKPD dan Renja Perubahan Tahun 2019 untuk meningkatkan capaian Indikator Kinerja (IKU) RPJMD sesuai dengan bidang kewenangannya masing-masing berdasarkan tupoksi, khususnya pada IKU Misi yang capaian relatifnya terhadap target akhir RPJMD masih rendah/jauh dari angka yang ditargetkan;
b. Melakukan terobosan-terobosan yang progresif dan inovatif guna mengakselerasi capaian Indikator Kinerja Misi (IKU) RPJMD yang dikawal melalui penyusunan RKPD dan Renja Tahun 2020 serta RKPD dan Renja Perubahan Tahun 2019;
c. Menyusun daftar skala prioritas program dan kegiatan Perangkat Daerah di tahun 2020 dan tahun 2021 yang berorientasi pada upaya pencapaian target akhir RPJMD;
d. Memperkuat jejaring kinerja lintas sektoral dan lintas stakeholders guna memaksimalkan dukungan untuk dapat merealisasikan target akhir RPJMD.

Makrab03

Makrab 01a

Adapun dalam rangka memperat kebersamaan diantara sesama peserta, pada malam terakhir penyelenggaraan workshop diadakan acara Malam Keakraban yang diwujudkan dalam bentuk acara hiburan dan ramah-tamah diantara segenap peserta dengan jajaran unsur Forkopimda Kabupaten Semarang.

 

>>Klik disini untuk mengunduh materi Workshop selengkapnya.