BADAN PERENCANAAN, PENELITIAN, DAN PENGEMBANGAN DAERAH

Jln. Gatot Subroto No. 20 Ungaran, Telp. (024) 6924962, (024) 6924963, e-mail: bappeda@semarangkab.go.id

Berita

HALAL BIHALAL KELUARGA BESAR BARENLITBANGDA 1440H

Upload-2

Pasca libur cuti bersama Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1440 Hijriah, jajaran keluarga besar internal Barenlitbangda Kabupaten Semarang melaksanakan acara halal-bihalal yang dihadiri oleh Pimpinan dan segenap karyawan/karyawati Barenlitbangda Kabupaten Semarang. Kegiatan ini merupakan agenda rutin yang diselenggarakan setiap tahun pasca libur cuti bersama Idul Fitri/lebaran.

Acara halal-bihalal dimaksud diselenggarakan pada Hari Selasa, Tanggal 11 Juni 2019 dengan bertempat di Aula (Ruang Rapat Lantai II) Barenlitbangda Kabupaten Semarang. Pelaksanaan acara halal-bihalal diawali dengan sambutan dan arahan dari Kepala Barenlitbangda Kabupaten Semarang. Pada kesempatan tersebut Kepala Barenlitbangda Kabupaten Semarang, Bapak Ir. Anang Dwinanta, MM. menyampaikan permohonan maaf lahir batin atas segala kesalahan dan kekhilafan selama ini, baik yang terjadi lewat tutur kata, perbuatan maupun sikap yang disengaja maupun tidak disengaja. Beliau Kepala Barenlitbangda Kabupaten Semarang, Bapak Ir. Anang Dwinanta, MM. juga menyampaikan apresiasi kepada segenap karyawan dan karyawati yang telah berkinerja secara maksimal dan tetap produktif selama Bulan Ramadhan yang telah lalu meskipun dalam kondisi berpuasa dan mengejar serangkaian aktivitas amalan ibadah lainnya di Bulan Ramadhan.

Lebih lanjut  Bapak Ir. Anang Dwinanta, MM. mengajak kepada segenap karyawan dan karyawati Barenlitbangda Kabupaten Semarang agar memanfaatkan momentum Idul Fitri kali ini sebagai pijakan untuk membuat lembaran baru menjadi pribadi yang lebih baik, berintegritas dan berkomitmen tinggi dalam mendukung pelaksanaan tugas pokok dan fungsi Barenlitbangda Kabupaten Semarang sebagai fasilitator perencanaan pembangunan daerah di Kabupaten Semarang. Khususnya terkait dengan pengawalan target-target Indikator Kinerja Utama (IKU) RPJMD Kabupaten Semarang Tahun 2016-2021 yang secara efektif tinggal menyisakan 1,5 tahun lagi. Oleh sebab itu, di sisa-sisa waktu yang ada saat ini pencapaian target IKU RPJMD harus dioptimalkan melalui upaya-upaya akselerasi yang rasional, efektif dan efisien.

Bapak Ir. Anang Dwinanta, MM. juga mengingatkan bahwa tantangan pembangunan kedepan akan semakin berat karena situasi perekonomian nasional saat ini masih relatif lesu dan stagnan. Pertumbuhan ekonomi nasional tidak menunjukkan peningkatan signifikan akibat imbas dari adanya perang dagang antara Amerika Serikat dan Tiongkok sehingga pertumbuhan ekonomi nasional diperkirakan hanya akan mencapai 5,2% pada akhir tahun 2019.

Upload-3

Pun demikian halnya dengan tantangan penurunan angka kemiskinan yang nilainya relatif kecil dari tahun ke tahun. Angka kemiskinan dalam RPJMD ditargetkan menurun hingga mencapai 6,5% ditahun 2021, sementara hingga tahun 2018 angka kemiskinan Kabupaten Semarang baru mencapai 7,29%.

Para ekonom memprediksikan kondisi perekonomian Indonesia akan relatif stabil dan tidak banyak terdampak akibat efek perang dagang Amerika Serikat dan Tiongkok karena ekonomi Indonesia tidak terlalu bergantung pada ekspor. Analog hal tersebut dapat disimpulkan bahwa perekonomian Kabupaten Semarang juga diperkirakan akan relatif stabil mengikuti kondisi perekonomian nasional yang tidak terlalu dipengaruhi oleh situasi lingkungan global. Meskipun demikian, harus tetap ada langkah preventif ditingkat lokal Kabupaten Semarang sebagai bentuk antisipasi atau bahkan sebagai motivasi untuk berkinerja lebih baik agar dapat mencapai kinerja diatas rata-rata nasional.

Guna menjawab tantangan tersebut, Bapak Ir. Anang Dwinanta, MM. berharap kepada seluruh unit kerja Barenlitbangda Kabupaten Semarang agar dapat berperan sebagai inisiator memunculkan terobosan-terobosan kebijakan pembangunan daerah yang inovatif, kreatif dan progresif dalam rangka memacu produktivitas penduduk agar produktivitas mereka dapat berkorelasi positif terhadap peningkatan daya saing daerah yang sejalan dengan peningkatan kualitas kesejahteraan masyarakat.

 

Upload-5   Upload-6 Upload-7 

                                                                                   Upload-4

Pasca sambutan dan arahan dari Bapak Ir. Anang Dwinanta, MM., acara dilanjutkan dengan saling bersalaman dan bermaaf-maafan antar segenap karyawan dan karyawati Barenlitbangda Kabupaten Semarang yang kemudian diakhiri dengan acara ramah-tamah bersama.