BADAN PERENCANAAN, PENELITIAN, DAN PENGEMBANGAN DAERAH

Jln. Gatot Subroto No. 20 Ungaran, Telp. (024) 6924962, (024) 6924963, e-mail: bappeda@semarangkab.go.id

Berita

BARENLITBANGDA KABUPATEN SEMARANG DALAM PAMERAN PRODUK INOVASI (PPI) JAWA TENGAH TAHUN 2019 DI WONOSOBO

 

 

Pada pembukaan Pameran Produk Inovasi (PPI) dan Wonosobo Multi Event (WME) di Wonosobo tanggal 20-22 September 2019 dengan tema ”Iptek dan Inovasi Dalam Industri Kreatif 4.0” sebagai puncak peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) ke-24 Tingkat Provinsi Jawa Tengah, Bapak Wakil Gubernur berkenan meninjau stand Barenlitbangda Kabupaten Semarang dan berdialog dengan Firman Setyaji selaku penggagas pemberdayaan masyarakat dalam pemanfaatan gulma enceng gondok dari Rawa Pening dengan branding “Bengok Craft”.

Pemerintah Kabupaten Semarang melalui Barenlitbangda menampilkan beberapa produk inovasi, diantaranya : Buah dan bibit alpukat Wina, alpukat Kali Bening dari Asosiasi Petani Alpukat BERKAH JAYA Desa Jetis, Kecamatan Bandungan sangat menarik minat pengunjung karena profil buahnya besar dan tebal. “BENGOK CRAFT” dengan bahan baku Enceng Gondok yang merupakan tanaman gulma di Rawa Pening  dengan berbagai design unik dan menarik. Geplak Waluh dan variannya sebagai hasil olahan dari Labu Kuning “Waluh” merupakan hasil bumi melimpah di wilayah Getasan. Kopi Gunung Kelir dengan produk unggulan “ KOPI TANI GUNUNG KELIR” dalam kemasan sachet siap seduh. Selain itu juga produk dari “RESEP BUDE” yang mengolah hasil pertanian biofarmaka  menjadi minuman serbuk yang segar dan bermanfaat bagi tubuh kita, serta ‘TORAKUR” sebagai produk inovasi pengolahan hasil panen tomat yang melimpah di sekitar Bandungan.

Dalam PPI ditampilkan pula teknologi “Starter Motor Pinter” alat pengaman kendaraan berbasis smartphone hasil temuan siswa SMK Telekomunikasi Tunas Harapan Tengaran sebagai Pemenang Harapan pada Lomba KRENOVA Tingkat Provinsi Jawa Tengah Tahun 2018.

Pada Tahun 2019 Kabupaten Semarangjuga mendapatkan penghargaan sebagai Pemenang Harapan sekaligus Pemenang Favorit dengan temuan “Sistem Monitoring Cairan Infus Otomatis dan Laju Tetesan Menggunakan Sensor Load Cell HX711 dan Phototransistor Berbasis Arduino dan IoT” oleh Sdr. Lawrence Adi Supriyono (mahasiswa STEKOM Ungaran).

Guna mendorong budaya ramah lingkungan tampil pula peserta fashion show bahan daur ulang sampah yang didesain oleh Domenica Rila Setyo Cahyani, S.Pd (dari Ungaran) serta lomba kreasi daur ulang sampah oleh Bank Sampah Induk (Gedanganak Kabupaten Semarang).