BADAN PERENCANAAN, PENELITIAN, DAN PENGEMBANGAN DAERAH

Jln. Gatot Subroto No. 20 Ungaran, Telp. (024) 6924962, (024) 6924963, e-mail: bappeda@semarangkab.go.id

Berita

WAKIL BUPATI SEMARANG HADIR PADA ACARA PUSPIPTEK INNOVATION FESTIVAL (PIF 2019)

Wakil Bupati Semarang, H.Ngesti Nugroho,SH,MH menghadiri rangkaian kegiatan Puspiptek Innovation Festival (PIF) 2019 yang bertemakan  “Innovation Without Limits”. Inovasi tidak dibatasi oleh ras, daerah, tingkat pendidikan, usia, gender, sehingga menjadi bagian dari solusi pembangunan yang berkelanjutan dan memperkuat daya saing bangsa. Pada kesempatan tersebut Wakil Bupati Semarang didampingi oleh Kepala Barenlitbangda (Ir. Anang Dwinanta, MM) beserta jajarannya, Kepala Dispertanikap dan Kepala Diskumperindag Kabupaten Semarang.

PIF 2019 yang berlangsung pada tanggal 3-6 Oktober 2019 di Kawasan Puspiptek Tangerang Selatan merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka Hari Ulang Tahun Puspiptek yang ke-74. PIF merupakan event dari Puspiptek yang terdiri dari berbagai kegiatan, antara lain : pembukaan, workshop/seminar dan talkshow, pameran, bussinnes matching, science tour, kegiatan mural, jalan sehat dan lomba inovasi ditingkat Perguruan Tinggi maupun SLTA/SMK.

 

Selain mengikuti beberapa rangkaian acara PIF, Wakil Bupati Semarang berdialog secara langsung dengan Bapak Hendra Wijaya (Kabid Kerjasama dan Bisnis TeknologiPuspiptek), terkaitpermohonan Bapak Bupati Semarang tentang fasilitasi/pendampingan berbagai teknologi, diantaranya pengembangan tanaman aren, alpukat, dan durian dengan kultur jaringan, manajemen pengolahan kopi dan sabun susu, serta teknologi pembuatan gecok instan. Dari dialog tersebut pada prinsipnya Puspiptek  sangat menyambut baik, dan terkait dengan pelaksanaan fasilitasi perlu segera dibuat kesepakatan bersama antara kepala Puspiptek dengan Bupati Semarang.

Selain berdialog, Wakil Bupati Semarang mengunjungi stand expo. Dari stand tersebut, Wakil Bupati Semarang sangat tertarik beberapa teknologi yang dapat diterapkan di Kabupaten Semarang diantaranya: Teknologi Pengelolaan Sampah dari Institut Sain Teknologi Al-Kamal (ISTA) Jakarta, Peralatan Sangrai Kopi oleh Kelompok Tani dari Parung Bogor serta Teknologi Hidroponik.

Pada kesempatan yang sama Wakil Bupati Semarang berkunjung ke Pusat Teknologi Agroindustri yang diterima oleh Bapak Dr. Hardaning Pranamuda (Direktur Pusat Teknologi Agroindustri BPPT). Wakil Bupati Semarang juga tertarik dengan Mesin Pengolah Kopi dan Teknologi Bioflog Perikanan, yang dikembangkan oleh Pusat Teknologi Agroindustri, untuk pemberdayaan masyarakat Kabupaten Semarang.