BADAN PERENCANAAN, PENELITIAN, DAN PENGEMBANGAN DAERAH

Jln. Gatot Subroto No. 20 Ungaran, Telp. (024) 6924962, (024) 6924963, e-mail: bappeda@semarangkab.go.id

Berita

KONSULTASI PUBLIK DRAFT NASKAH AKADEMIK DAN RAPERDA TENTANG INOVASI DAERAH

Berdasarkan Undang-UndangNomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, bahwa dalam rangka peningkatan kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah, pemerintah daerah dapat melakukan inovasi. Inovasi daerah yang dimaksudkan adalah semua bentuk pembaharuan dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah. Selain itu juga diamanatkan dalam pidato Presiden Joko Widodo dalam Sidang Tahunan MPR RI Tahun 2019 bahwa “Kita butuh inovasi-inovasi disruptif yang membalik ketidakmungkinan menjadi peluang. Mengubah yang tidak berharga menjadi bernilai untuk rakyat dan bangsa. Dengan adanya amanat tersebut, Pemerintah Kabupaten Semarang melalui Barenlitbangda menyusun Naskah Akademik Rancangan Peraturan Daerah Kabupaten Semarang tentang Inovasi Daerah. Dalam rangka memperoleh masukan dan saran untuk penyempurnaan draft Naskah Akademik dan Raperda telah diselenggarakan konsultasi publik pada tanggal 15 Oktober 2019 yang dihadiri oleh Kepala Perangkat Daerah, Anggota Tim Teknis, Dewan Riset Daerah, Ketua Paguyuban Kepala Desa Tingkat Kecamatan, Ketua LPPM Perguruan Tinggi, Ketua PHRI, Tokoh Masyarakat, Pelaku Ekonomi Kreatif, Perwakilan SMA/SMK dan BUMD.

Sebagai  narasumber konsultasi publik adalah Bappeda Provinsi Jawa Tengah yang diwakili oleh Peneliti Utama Bapak Murshid dan Kepala Barenlitbangda Kabupaten Semarang (Ir. Anang Dwinanta, MM). Dalam acara tersebut Kepala Barenlitbangdamenyampaikan bahwa dengan adanya inovasi dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas sehingga meningkatkan produktivitas yang selanjutnya meningkatkan pendapatan masyarakat. Selama ini Perangkat Daerah Kabupaten Semarang telah melakukan inovasi tetapi secara sporadis dan belum terstruktur, sehingga perlu pengaturan.

Pada kesempatan tersebut Bapak Murshid menyampaikan bahwamelalui inovasi dapat meningkatkan daya saing daerah menuju kesejahteraan masyarakat yang berkelanjutan dan Raperda yang disusun sudah mengakomodir inovasi dalam penyelenggaraan pemerintahan maupun inovasi yang dilakukan oleh masyarakat. 

 Materi Konsultasi Publik dapat diunduh di : bahanrapatkonsultasipublik