BADAN PERENCANAAN, PENELITIAN, DAN PENGEMBANGAN DAERAH

Jln. Gatot Subroto No. 20 Ungaran, Telp. (024) 6924962, (024) 6924963, e-mail: bappeda@semarangkab.go.id

Berita

BIMTEK PENGUATAN KAPASITAS APARATUR KECAMATAN DALAM PERENCANAAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT

Upload01

Pada tanggal 21 s.d. 23 Oktober 2019 Barenlitbangda telah melaksanakan Kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penguatan Kapasitas Aparatur Kecamatan Dalam Perencanaan Pemberdayaan Masyarakat Kabupaten Semarang. Kegiatan Bimtek ini diikuti oleh sebanyak 60 (enam puluh) orang peserta yang berasal dari dari Kasubbag. Perencanaan dan Keuangan serta Kasi. Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PPMD) seluruh Kecamatan se-Kabupaten Semarang, perwakilan OPD Kabupaten Semarang terkait dan perwakilan unit kerja Barenlitbangda Kabupaten Semarang.

Tujuan diselenggarakannya Kegiatan Bimtek Penguatan Kapasitas Aparatur Kecamatan Dalam Perencanaan Pemberdayaan Masyarakat Kabupaten Semarang adalah untuk menyamakan persepsi, membangun komitmen dan sekaligus meningkatkan kapasitas aparatur kecamatan dalam merencanakan proses pemberdayaan yang berbasis pada karakteristik dan potensi wilayah.

Disamping itu, penyelenggaraan Bimtek juga bertujuan untuk membangun komitmen dan meningkatkan pemahaman aparatur perencana Kecamatan se-Kabupaten Semarang dalam rangka mewujudkan kualitas dan konsistensi antara dokumen perencanaan, dokumen penganggaran serta dokumen pelaporan kinerja Kecamatan.

Kegiatan Bimtek Penguatan Kapasitas Aparatur Kecamatan Dalam Perencanaan Pemberdayaan Masyarakat Kabupaten Semarang dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Semarang, Bapak Drs. Gunawan Wibisono, MM. Dalam sambutannya Beliau sangat mendukung dan mengapresiasi tinggi penyelenggaraan Bimtek yang diinisiasi oleh Barenlitbangda mengingat pada dasarnya Kecamatan merupakan garda terdepan Pemerintah Daerah Kabupaten Semarang dalam pelaksanaan tugas-tugas pemerintahan, pembangunan, pelayanan maupun pemberdayaan.

Secara khusus dalam pelaksanaan tugas pemberdayaan, peranan Kecamatan untuk mengawal proses perencanaan pemberdayaan berbasiskan pada potensi dan karakteristik wilayah serta juga dalam menciptakan sinergitas lintas sektor antar para pemangku kepentingan terkait pada penyelenggaraan pembangunan daerah di tingkat kewilayahan Desa/Kelurahan dan Kecamatan sangatlah vital dan strategis.

Dalam hal ini Kecamatan berperan sebagai koordinator, promotor, fasilitator dan sekaligus katalisator untuk menggerakkan pengerahan, pengelolaan dan pemanfaatan seluruh potensi sumber daya diwilayahnya masing-masing, baik yang berasal dari internal Pemerintah Daerah maupun eksternal Pemerintah Daerah guna mendukung jalannya proses pembangunan daerah di wilayah Kecamatan pada umumnya dan wilayah Desa/Kelurahan pada khususnya.

Lebih lanjut Beliau Bapak Sekda menambahkan bahwa aparatur Kecamatan diharapkan dapat tanggap terhadap dinamika perubahan, mengikuti perkembangan teknologi di era revolusi industry 4.0 serta senantiasa berpikir inovatif dengan menciptakan serangkaian program perubahan yang berdampak langsung kepada masyarakat.

Disamping itu, aparatur Kecamatan juga diharapkan agar selalu meningkatkan komunikasi dan menyamakan persepsi serta membentuk kinerja tim yang kuat dalam pelaksanaan tugas dan fungsi Kecamatan serta dalam mendukung upaya OPD teknis dalam pencapaian visi, misi dan Indikator Kinerja Utama (IKU) RPJMD yang berbasiskan masyarakat secara langsung.

Guna memberikan referensi awal dan informasi dasar yang memadai bagi segenap peserta, maka dalam pelaksanaan Kegiatan Bimtek Hari Pertama dihadirkan 4 (empat) orang narasumber yang masing-masing membawakan materi sebagai berikut :
1. Sekretaris Daerah Kabupaten Semarang, membawakan materi bertema : Sinkronisasi Perencanaan Pembangunan Daerah dengan Perencanaan Pembangunan Desa;
2. Inspektur Kabupaten Semarang, membawakan materi bertema : Dukungan Perangkat Daerah dan Desa Dalam Perwujudan Pelaksanaan APBD yang Akuntabel;
3. Kepala BKUD Kabupaten Semarang, membawakan materi bertema : Perencanaan dan Pengelolaan Keuangan Daerah;
4. Kepala Barenlitbangda Kabupaten Semarang, membawakan materi bertema : Penguatan Peran Camat Dalam Peningkatan Perekonomian Wilayah.

Upload02  Upload02a 
Upload03  Upload05 

Sementara pada pelaksanaan Kegiatan Bimtek Hari Kedua dan Ketiga dilakukan kunjungan studi lapangan ke Bappeda dan Litbang Kabupaten Sragen serta Bappeda dan Litbang Kabupaten Magetan. Kunjungan studi lapangan ke 2 (dua) lokus tersebut ditujukan untuk memperoleh referensi best practices terkait penyusunan dokumen Renstra Kecamatan, inovasi pelayanan pada kecamatan, pemberdayaan ekonomi kreatif diwilayah kecamatan dan desa serta implementasi pendelegasian wewenang Bupati kepada Camat yang telah dilaksanakan di Kabupaten Sragen dan Kabupaten Magetan.