BADAN PERENCANAAN, PENELITIAN, DAN PENGEMBANGAN DAERAH

Jln. Gatot Subroto No. 20 Ungaran, Telp. (024) 6924962, (024) 6924963, e-mail: bappeda@semarangkab.go.id

Berita

KURANGI SAMPAH ORGANIK DENGAN BUDI DAYA MAGGOT BLACK SOLDIER FLY (BSF)

 

Pemerintah Kabupaten Semarang melalui Barenlitbangda menyelenggarakan Sosialisasi Kaji Terap Budi Daya Maggot BSF pada hari Minggu tanggal 3 November 2019 di Aula Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Blondo Bawen yang diikuti oleh Perangkat Daerah terkait, Forum Komunikasi Relawan Lintas Komunitas Peduli Lingkungan Hidup (FORKOM RELINKO) Kabupaten Semarang, dengan mendatangkan tim YAPIKA para pakar budi daya Maggot BSF dari Cianjur, Magelang dan Jombang.

Dalam acara tersebut Bapak Ir. Anang Dwinanta, MM Kepala Barenlitbangda Kabupaten Semarang menyampaikan bahwa pelaksanaan kegiatan sosialisasi merupakan tindak lanjut dari pelaksanaan Konggres Sampah di Desa Kesongo Kecamatan Tuntang beberapa waktu lalu. Yakni mengubah sampah agar membawa berkah bagi masyarakat. Pengembangan Maggot BSF ini dapat membawa dua dampak, pertama mampu mengurangi sampah dan yang kedua BSF dapat dijadikan pakan ternak berprotein tinggi.

Wakil Bupati Semarang, Bapak H. Ngesti Nugraha, SH, MH dalam sambutannya, menyampaikan bahwa pengelolaan sampah merupakan salah satu hal mendesak dan merupakan permasalahan lingkungan yang perlu segera ditangani dengan cara yang lebih tepat. Salah satunya  dengan metode budi daya Maggot BSF.

Hadir pula dalam acara, Ketua DPRD Kabupaten Semarang didampingi Ketua Komisi C, dalam sambutannya beliau mengapresiasi kegiatan sosialisasi dan mengajak masyarakat untuk mengolah sampah dengan metode Maggot BSF. 

Materi Sosialisasi dapat diunduh disini