BADAN PERENCANAAN, PENELITIAN, DAN PENGEMBANGAN DAERAH

Jln. Gatot Subroto No. 20 Ungaran, Telp. (024) 6924962, (024) 6924963, e-mail: bappeda@semarangkab.go.id

Berita

SOSIALISASI HASIL-HASIL PENELITIAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2019 SEMESTER 2

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2019 tentang Sistem Nasional Ilmu Pengetahuan dan Teknologi pada Pasal 21 disebutkan bahwa Hasil Penelitian dan Pengembangan wajib dipublikasikan dan didiseminasikan oleh sumber daya manusia Ilmu Pengetahuan dan Teknoiogi dan atau Kelembagaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi kecuali dinyatakan lain oleh peraturan perundang- undangan.

Menindaklanjuti amanat tersebut Pemerintah Kabupaten Semarang  melalui Barenlitbangda menghimbau Perangkat Daerah dan Lembaga Litbang di Kabupaten Semarang dan sekitarnya agar mengirimkan hasil-hasil penelitian yang lokusnya di Kabupaten Semarang, untuk disosialisasikan setelah melalui tahapan seleksi.

Sosialisasi dilaksanakan selama 2 (dua) hari pada Tanggal 27-28 Nopember 2019 di Ruang Rapat Barenlitbangda Kabupaten Semarang, dihadiri oleh Reviewer, Perangkat Daerah terkait, LPPM Perguruan Tinggi, Puskesmas se Kabupaten Semarang, Ketua Paguyuban Kepala Desa Tingkat Kecamatan dan para peneliti sebagai pemapar.

Tujuan sosialisasi hasil-hasil penelitian, diantaranya adalah untuk membangun sinergitas antara Lembaga Litbang, Perangkat Daerah dan para peneliti, agar penelitian yang dilakukan dapat menjadi saran pertimbangan dalam mengatasi permasalahan daerah. Beberapa hasil penelitian yang sudah disosialisasikan akan diterbitkan kedalam SINOV yang merupakan media informasi hasil-hasil penelitian di Kabupaten Semarang pada semester 2 tahun 2019.

Hadir sebagai reviewer yang sangat berpengalaman dibidang penelitian (Prof. Dr. Sutejo K Widodo, Drs. Roestamadji BR,M.Si.P.Si dan Dr. Sugeng Maryanto, M.Kes).

Pada kesempatan lebih lanjut diperlukan partisipasi lembaga litbang dari unsur swasta sehingga dapat terjalin kolaborasi antar Lembaga Litbang dalam melakukan riset yang semakin bermanfaat untuk daerah.

Materi Sosialisasi dapat diunduh disini