BADAN PERENCANAAN, PENELITIAN, DAN PENGEMBANGAN DAERAH

Jln. Gatot Subroto No. 20 Ungaran, Telp. (024) 6924962, (024) 6924963, e-mail: bappeda@semarangkab.go.id

Berita

FOCUS GROUP DISCUSSION (FGD) KAJIAN PENGEMBANGAN BUDAYA INOVASI PERANGKAT DAERAH KABUPATEN SEMARANG

 

 

Pelaksanaan otonomi daerah memberikan peluang yang seluas-luasnya dalam praktik penyelenggaraan pelayanan di daerah, sehingga setiap daerah memiliki kesempatan yang sama untuk berkreasi dan berinovasi dalam mewujudkan daya saing daerah yang lebih tinggi. Upaya peningkatan kemandirian daerah berimplikasi pada pelaksanaan pelayanan dan peningkatan kualitas hidup masyarakat ke arah yang lebih baik, maka pemerintah daerah dituntut untuk lebih profesional dalam melakukan pengelolaan terhadap sumber daya yang dimilikinya, untuk itu perlu merancang suatu strategi inovasi guna mendukung pembangunan daerahnya dalam upaya mencapai kesejahteraan masyarakat yang berkelanjutan.

Pada lingkungan organisasi yang berkembang semakin dinamis, kompleks dan sulit diprediksi memerlukan pengembangan inovasi dengan pendekatan sistem budaya. Guna mewujudkan keunggulan yang kompetitif dan daya saing daerah yang lebih tinggi, beberapa perangkat daerah sudah melaksanakan inovasi dalam penyelenggaraan pemerintah di Kabupaten Semarang, namun inovasi belum menjadi budaya di Perangkat Daerah sehingga kondisi tersebut belum bisa mengangkat daya saing daerah yang lebih signifikan.

Berdasarkan uraian tersebut diatas maka Pemerintah Kabupaten Semarang melalui Barenlitbangda menyusun kajian pengembangan budaya inovasi perangkat daerah.

Sebagai tahap awal kajian, telah dilakukan Focus Group Discussion (FGD) bersama perangkat daerah Kabupaten Semarang dengan narasumber Dr. Drs. Edy Dwi K, SE,MM dalam rangka menggali informasi meliputi: kondisi budaya inovasi saat ini, kendala dalam menerapkan dan mengembangkan inovasi, serta pengembangan inovasi yang akan datang.