BADAN PERENCANAAN, PENELITIAN, DAN PENGEMBANGAN DAERAH

Jln. Gatot Subroto No. 20 Ungaran, Telp. (024) 6924962, (024) 6924963, e-mail: bappeda@semarangkab.go.id

Berita

INDEKS DAYA SAING DAERAH (IDSD) KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2020

 

 

Kondisi global yang terus berkembang menuntut daerah untuk memperkuat daya saing dengan memanfaatkan keunggulan yang dimiliki. Guna mewujudkan tercapainya daya saing yang tinggi diperlukan komitmen yang kuat dari seluruh pemangku kepentingan, untuk meningkatkan nilai tambah dari berbagai potensi unggulan yang dimiliki.

Komitmen tersebut terungkap oleh Bupati Semarang pada saat memaparkan Indeks Daya Saing Daerah (IDSD) Kabupaten Semarang Tahun 2020 secara virtual dihadapan tim penilai Indeks Daya Saing Daerah tingkat Provinsi Jawa Tengah.

 

Dengan optimis Bupati Semarang menyampaikan bahwa, Kabupaten Semarang sebagai hinterland (penyangga) ibu kota Provinsi Jawa Tengah memiliki posisi strategis penghubung pusat perkembangan wilayah Yogyakarta, Solo dan Semarang (JOGLOSEMAR). Dalam rangka memanfaatkan dan mengoptimalkan potensi potensi tersebut diperlukan adanya berbagai terobosan dalam meningkatkan daya saing untuk mewujudkan kemandirian daerah.

Dari hasil pemetaan IDSD tahun 2020 secara sistem (aplikasi), dimensi tertinggi yang mengangkat daya saing daerah Kabupaten Semarang adalah: keamanan dan ketertiban, kompetisi dalam negeri dan ketenaga kerjaan.

 

Dimensi yang lain seperti kondisi perekonomian daerah dan ekosistem inovasi harus didorong terus secara maksimal agar dapat memberikan dampak yang signifikan untuk meningkatkan daya saing daerah guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Semarang yang lebih tinggi.