BADAN PERENCANAAN, PENELITIAN, DAN PENGEMBANGAN DAERAH

Jln. Gatot Subroto No. 20 Ungaran, Telp. (024) 6924962, (024) 6924963, e-mail: bappeda@semarangkab.go.id

Login

Pengunjung

We have 278 guests and 27 members online

Berita

RAPAT KOORDINASI PENGEMBANGAN BUDAYA INOVASI DI KABUPATEN SEMARANG

 

Kepala Barenlitbangda melalui Kabid Litbang menyampaikan: Hasil kajian budaya inovasi yang dilakukan oleh tim Litbang pada tahun 2020, diperoleh kesimpulan bahwa budaya inovasi kita selaku perangkat derah masih cukup rendah (belum memberikan dampak yang signifikan terhadap daya saing daerah).

 

Dengan kondisi tersebut Barenlitbangda Kabupaten Semarang, sebagai perangkat daerah yang membidangi Litbang), menyelenggarakan Rakor Pengembangan Budaya Inovasi dengan menghadirkan narasumber dari Kemendagri (Bapak Isman, AP sebagai Analis Kebijakan Ahli Muda Puslitbang Inovasi Daerah) dengan judul materi “Membudayakan Inovasi Dalam Penyelenggaraan Pemerintahan” yang diselenggarakan pada hari Jum’at tanggal 7 Mei 2021.

 

 

Tujuan Rakor Pengembangan Budaya Inovasi di Kabupaten Semarang: agar seluruh unsur perangkat daerah memiliki kesamaan pemahaman pentingnya merancang, menerapkan dan mengembangkan inovasi dalam penyelenggaraan pemerintahan, mencakup inovasi tata kelola internal, inovasi pelayanan publik dan inovasi daerah lainnya sesuai kewenangan daerah, termasuk inovasi yang berkembang ditengah-tengah masyarakat.

 

Pada kesempatan rakor narasumber menegaskan bahwa Inovasi bukan lagi sebatas literasi belaka, tetapi harus menjadi budaya kerja baru untuk kesejahteraan rakyat. Inovasi bukan sebuah Urusan, akan tetapi inovasi  harus ada di setiap Urusan, dan setiap program.

 

Peserta rakor sangat antusias mendiskusikan pengembangan budaya inovasi dalam rangka mewujudkan Kabupaten Semarang BERDIKARI, hal tersebut mengindikasikan bahwa setiap perangkat daerah di Kabupaten Semarang siap mengembangkan budaya inovasi dalam penyelenggaraan pemerintahan di Kabupaten Semarang.