BADAN PERENCANAAN, PENELITIAN, DAN PENGEMBANGAN DAERAH

Jln. Gatot Subroto No. 20 Ungaran, Telp. (024) 6924962, (024) 6924963, e-mail: barenlitbangda@semarangkab.go.id

Login

Pengunjung

We have 203 guests and no members online

Berita dan Informasi

Peningkatan Kapastitas Peserta Program DAK Integrasi TA 2022 Tahap II

Peningkatan Kapastitas Peserta Program DAK Integrasi TA 2022 Tahap II

 

Selasa, 12 Juli 2022 di Balai Desa Penawangan Kec Pringapus telah dilaksanakan kegiatan Peningkatan Kapasitas Peserta Program DAK (Dana Alokasi Khusus) Integrasi Tahun Anggaran 2022 Tahap II. Acara dihadiri oleh peserta program DAK Integrasi Tahap II sebanyak 64 warga, DPU (Bidang Perumahan dan Kawasaan Permukiman), Barenlitbangda, Sekretaris Desa Penawangan, Konsultan Individu DAK Integrasi, TFL Perumahan dan Sanitasi.
Tujuan kegiatan ini antara lain menjelaskan kembali apa itu DAK Integrasi, tahap pekerjaannya dan timeline ke peserta program (masyarakat), serta mengingatkan janji dengan Kementerian PUPR terkait konsep rumah dan livelihood.

DAK Integrasi merupakan sebuah program yang dikerjakan bersama-sama, baik Pemerintah Pusat, Pemda, Pemdes juga masyarakat. Tidak hanya fisik yang ditangani namun juga sektor ekonomi dan sosial. Sesuai dengan rencana awal, konsep rumah harus disamakan semua dengan tema kampung jawi yaitu menggunakan bata ekspose dan atap limasan. Konsep livelihood juga direncanakan dengan desa mandiri pangan, dimana warga bisa menanam sendiri bahan pangan di teras atau di pot.

Program ini menangani berbagai sektor, antara lain Perumahan, Air minum dan sanitasi, Persampahan, Prasarana Sarana & Utilitas (PSU). Pekerjaan sektor Perumahan dibagi menjadi 3 tahap, tahap I diikuti 32 warga, tahap II 64 warga dan tahap III 32 warga dengan total 128 warga. Sampai pada bulan Juli 2022, dari 64 peserta tahap II, beberapa rumah sudah mulai pekerjaan bahkan ada yang mencapai progress 80%. Sedangkan peserta tahap I sudah hampir 100%. Pekerjaan PSU sudah dimulai di lingkungan warga tahap I. (ekpras-d)