BADAN PERENCANAAN, PENELITIAN, DAN PENGEMBANGAN DAERAH

Jln. Gatot Subroto No. 20 Ungaran, Telp. (024) 6924962, (024) 6924963, e-mail: barenlitbangda@semarangkab.go.id

Berita dan Informasi

Fasilitasi Evaluasi Independen Program Pamsimas oleh Department of Foreign Affairs and Trade (DFAT)

eval pamsimas oleh DFAT

Pada hari Rabu tanggal 12 Oktober 2022 bertempat di ruang Sekretaris Barenlitbangda, kami memfasilitasi rapat Evaluasi Independen Program Pamsimas oleh DFAT didampingi Dinas Kesehatan, Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa dan Asosiasi SPAMS Kabupaten Semarang. Maksud dan tujuan kegiatan adalah rapat koordinasi dengan para stakeholder program termasuk Pemda dilanjutkan kunjungan lapangan kepada masyarakat penerima manfaat di desa didampingi Fasilitator Masyarakat.

Pamsimas TA 2022 merupakan usulan aspirasi DPR-RI semua, pemkab tidak dilibatkan. Karena hal tersebut ada satu desa yang menolak Pamsimas dikarenakan yang dibutuhkan hanya perbaikan di titik-titik tertentu. Untuk tahun-tahun sebelumnya dan TA 2023 pengajuan usulan dimulai dari pendataan dari DPU Kab Semarang, yang selanjutnya sosialisasi program, kemudian evaluai Rencana Kerja Masyarakat yang difasilitasi Barenlitbangda selaku Panitia Kemitraan (Pamsimas I-III) dan Ketua Pelaksana Pokja PKP (Pamsimas 2023).
Dispermasdes telah mensosialisasikan ke desa agar Pemerintah desa mengalokasikan dana desa untuk pengembangan SPAM yang dimasukan dalam rancangan APBDes. Hal ini sebagai upaya Pemkab dalam mencapai akses air minum layak dan aman serta pemenuhan Standar Pelayanan Minimal (SPM).
Asosiasi SPAM Kabupaten Semarang sudah dibentuk dengan SK Bupati Semarang yang mana Dispermasdes sebagai pengusung. Anggaran operasional Asosiasi pernah mendapat dana APBN selama tiga tahun sebelum Covid-19 dengan besaran 15-20 juta tiap BOP. Untuk kepengurusan juga sebelum tahun 2020 mendapat insentif 300ribu/bulan. Namun sampai saat ini tidak ada lagi. Dikarenakan keterbatasan anggaran maka kegiatan Asosiasi hanya rapat pengurus secara mandiri.
Sanitasi di Pamsimas melalui pencegahan BABS dan sarana CTPS. Monitoring sanitasi dilakukan melalui sanitarian yang dilaporkan ke puskesmas tiap bulan.

Lokasi kunjungan Tim Evaluasi Independen Program Pamsimas Dukungan Pemerintah Australia (DFAT) antara lain :

  1. Desa Jombor, Kec. Tuntang
  2. Desa Gunung Tumpeng, Kec. Suruh
  3. Desa Cukilan , Kec. Suruh
  4. Desa Gogodalem, Kec. Bringin

Kunjungan lapangan hanya didampingi oleh eks fasilitator Pamsimas.

Rabu, 12 Oktober 2022