BADAN PERENCANAAN, PENELITIAN, DAN PENGEMBANGAN DAERAH

Jln. Gatot Subroto No. 20 Ungaran, Telp. (024) 6924962, (024) 6924963, e-mail: bappeda@semarangkab.go.id

Berita

KREATIVITAS DAN INOVASI MASYARAKAT KABUPATEN SEMARANG

 

 

Dalam rangka mewujudkan kreativitas dan inovasi masyarakat guna mendorong pertumbahan ekonomi daerah, Pemerintah Kabupaten Semarang mengikuti lomba Krenova tingkat Provinsi Jawa Tengah .

Atas nama Pemerintah Kabupaten Semarang Kepala Barenlitbangda menyampaikan terimakasih kepada Pemerintah Provinsi Jawa Tengah yang telah menyelenggarakan lomba kreativitas dan inovasi (Krenova) sehingga dapat mendorong pelaku kreatif mengembangkan kreatifitas dan inovasinya guna meningkatkan daya jual nilai produk yang dihasilkan.

Saudara Firman Setyaji inventor dengan judul Bengok Craft –Upcycle Enceng Gondok sebagai peserta dari Kabupaten Semarang masuk 40 besar.

Untuk tahap penilaian Firman telah mendapat kesempatan untuk mempresentasikan kreativitas dan inovasinya dihadapan tim juri tingkat Provinsi Jawa Tengah pada tanggal  8 Juli 2020.

Dalam paparannya Firman mengungkap tentang gulma enceng gondok dapat dimanfaatkan untuk berbagai kerajinan dengan memberdayakan masyarakat sekitar rawa pening, yang telah diawali di Desa Kesongo Kecamatan Tuntang.

 

Write comment (0 Comments)

PENGUKURAN INDEKS DAYA SAING DAERAH (IDSD) TH. 2020

FOTO MEETING IDSD

Pada hari Rabu tanggal 3 Juni 2020 Barenlitbangda Kabupaten Semarang mengikuti video conference yang diselenggarakan oleh Bappeda Provinsi Jawa Tengah bekerjasama dengan Kemenristek BRIN. Kepala Barenlitbangda didampingi sekretaris dan tim Litbang menyimak pemaparan yang disampaikan oleh narasumber perwakilan dari Kemenristek BRIN (Dr. Muhamad Amin, ST, M.Si). Narasumber menyampaikan bahwa pengukuran IDSD dilakukan dalam rangka untuk mengetahui Indeks Daya Saing Daerah, yang hasilnya dapat sebagai bahan masukan dalam perencanaan pembangunan daerah.
Instrumen IDSD memuat 4 aspek (aspek penguat, aspek pasar, aspek SDM dan aspek ekosistem inovasi) serta 97 indikator berupa pertanyaan yang menggambarkan daya saing suatu daerah.
Berdasarkan hasil evaluasi keikutsertaan IDSD Provinsi dan Kabupaten/Kota se Indonesia, bahwa Provinsi Jawa Tengah termasuk provinsi yang paling aktif untuk menginput jawaban dari pertanyaan IDSD, dalam hal ini termasuk Kabupaten Semarang tahun 2018 dan 2019 juga secara aktif melakukan input jawaban pertanyaan ke aplikasi IDSD yang sudah disediakan oleh Pemerintah Pusat (Kemenristek BRIN).
Pada tahun 2020 Pemerintah Kabupaten Semarang melalui Barenlitbangda telah koordinasi dengan Perangkat Daerah terkait untuk memperoleh data dukung terkait dengan indikator dalam instrumen IDSD.

Write comment (0 Comments)

CALL FOR PAPERS

Dalam rangka menghimpun dan mendokumentasikan hasil-hasil penelitian di Kabupaten Semarang  Barenlitbangda Kabupaten Semarang mengajak partisipasi para  peneliti untuk berbagi/ mendiseminasikan hasil-hasil penelitian yang telah dilakukan agar dapat bermanfat bagi masyarakat luas, sebagaimana yang rutin dimuat dalam majalah SINOV.

 

Informasi lebih lanjut dapat dilihat sebagaimana dimuat dalam leaflet dan Panduan yang diunduh pada tautan berikut ini berikut ini Panduan

 

Write comment (0 Comments)