BADAN PERENCANAAN, PENELITIAN, DAN PENGEMBANGAN DAERAH

Jln. Gatot Subroto No. 20 Ungaran, Telp. (024) 6924962, (024) 6924963, e-mail: bappeda@semarangkab.go.id

Berita

WAKIL BUPATI SEMARANG HADIR PADA ACARA PUSPIPTEK INNOVATION FESTIVAL (PIF 2019)

 

Wakil Bupati Semarang, H.Ngesti Nugroho,SH,MH menghadiri rangkaian kegiatan Puspiptek Innovation Festival (PIF) 2019 yang bertemakan  “Innovation Without Limits”. Inovasi tidak dibatasi oleh ras, daerah, tingkat pendidikan, usia, gender, sehingga menjadi bagian dari solusi pembangunan yang berkelanjutan dan memperkuat daya saing bangsa. Pada kesempatan tersebut Wakil Bupati Semarang didampingi oleh Kepala Barenlitbangda (Ir. Anang Dwinanta, MM) beserta jajarannya, Kepala Dispertanikap dan Kepala Diskumperindag Kabupaten Semarang.

PIF 2019 yang berlangsung pada tanggal 3-6 Oktober 2019 di Kawasan Puspiptek Tangerang Selatan merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka Hari Ulang Tahun Puspiptek yang ke-74. PIF merupakan event dari Puspiptek yang terdiri dari berbagai kegiatan, antara lain : pembukaan, workshop/seminar dan talkshow, pameran, bussinnes matching, science tour, kegiatan mural, jalan sehat dan lomba inovasi ditingkat Perguruan Tinggi maupun SLTA/SMK.

Selain mengikuti beberapa rangkaian acara PIF, Wakil Bupati Semarang berdialog secara langsung dengan Bapak Hendra Wijaya (Kabid Kerjasama dan Bisnis TeknologiPuspiptek), terkaitpermohonan Bapak Bupati Semarang tentang fasilitasi/pendampingan berbagai teknologi, diantaranya pengembangan tanaman aren, alpukat, dan durian dengan kultur jaringan, manajemen pengolahan kopi dan sabun susu, serta teknologi pembuatan gecok instan. Dari dialog tersebut pada prinsipnya Puspiptek  sangat menyambut baik, dan terkait dengan pelaksanaan fasilitasi perlu segera dibuat kesepakatan bersama antara kepala Puspiptek dengan Bupati Semarang.

Selain berdialog, Wakil Bupati Semarang mengunjungi stand expo. Dari stand tersebut, Wakil Bupati Semarang sangat tertarik beberapa teknologi yang dapat diterapkan di Kabupaten Semarang diantaranya: Teknologi Pengelolaan Sampah dari Institut Sain Teknologi Al-Kamal (ISTA) Jakarta, Peralatan Sangrai Kopi oleh Kelompok Tani dari Parung Bogor serta Teknologi Hidroponik.

Pada kesempatan yang sama Wakil Bupati Semarang berkunjung ke Pusat Teknologi Agroindustri yang diterima oleh Bapak Dr. Hardaning Pranamuda (Direktur Pusat Teknologi Agroindustri BPPT). Wakil Bupati Semarang juga tertarik dengan Mesin Pengolah Kopi dan Teknologi Bioflog Perikanan, yang dikembangkan oleh Pusat Teknologi Agroindustri, untuk pemberdayaan masyarakat Kabupaten Semarang.

Write comment (0 Comments)

SEMINAR INTERNASIONAL TAHUN 2019

Upload Web01 Resized

Sebagai salah satu rangkaian acara dalam penyelenggaraan perlombaaan olah raga gantole skala internasional bertajuk Telomoyo Cup ke-5 yang rutin diselenggarakan di Kabupaten Semarang sekaligus juga dalam rangka mendukung tumbuh dan berkembangnya industri pariwisata berbasis kawasan MICE yang dapat berdampak positif pada peningkatan daya saing, kesejahteraan dan kemandirian bangsa, Pemerintah Kabupaten Semarang bekerja sama dengan Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) dan Panitia Telomoyo Cup Tahun 2019 berinisiatif menyelenggarakan Seminar Internasional Bidang Kepariwisataan bertemakan : “Pengembangan Pariwisata Berbasis Aero Sport” yang telah dilaksanakan pada hari Kamis s.d. Jumat, tanggal 19 s.d. 20 September 2019, bertempat di Griya Persada Convention Hotel and Resort, Kecamatan Bandungan.

Hadir dalam kegiatan tersebut adalah para perwakilan dari :
a.Bappeda dan Dinas Pariwisata dari sejumlah Pemerintah Provinsi se-Indonesia;
b.Bappeda dan Dinas Pariwisata dari sejumlah Pemerintah Kabupaten/Kota se-Jawa Tengah;
c.Bappeda dan Dinas Pariwisata dari sejumlah Pemerintah Kabupaten/Kota di luar Provinsi Jawa Tengah;
d.Federasi Aero Sport Indonesia (FASI);
e.Pelaku olah raga dan penyelenggara event aero sport di Indonesia;
f.Pelaku usaha dan jasa bidang pariwisata diwilayah Provinsi Jawa Tengah;
g.Pelaku usaha dan jasa bidang ekonomi kreatif diwilayah Provinsi Jawa Tengah;
h.Pelaku UMKM diwilayah Provinsi Jawa Tengah; serta
i.Perangkat Daerah Kabupaten Semarang terkait.

Read more...

Write comment (0 Comments)

KUNJUNGAN KERJA BAPPEDA BESERTA DEWAN RISET DAERAH (DRD) KABUPATEN PURWOREJO KE BARENLITBANGDA KABUPATEN SEMARANG

 

Hari Rabu 2 Oktober 2019 Bappeda dan DRD Kabupaten Purworejo beserta jajarannya berkunjung ke Barenlitbangda Kabupaten Semarang guna studi tiru terkait Dewan Riset Daerah. Rombongan dipimpin Asisten II Sekda Kabupaten Purworejo, Bapak Drs. Pram Prasetya Achmad, MM,  sekaligus sebagai Sekretaris DRD Kabupaten Purworejo. Sebagai penerima rombongan: Kepala Barenlitbangda , Bidang Litbang ,Ketua dan anggota DRD Kabupaten Semarang. Untuk lebih memperkenalkan potensi wisata Kabupaten Semarang, para tamu diterima di Doesoen Sirap, Desa Kelurahan Kecamatan Jambu, dengan suasana yang tenang dikelilingi kebun kopi pada lereng-lereng yang terjal. Para tamu semangat berdiskusi dan menikmati kopi yang diproduksi oleh kelompok tani Doesoen Sirap. Turut hadir menerima tamu, Camat Jambu yang diwakili oleh Sekretaris Kecamatan Jambu, Bapak Vega Lazuardi, S.STP.,MM.

Dalam sambutannya Kepala Barenlitbangda Kabupaten Semarang (Ir. Anang Dwinanta, MM) menyampaikan terkait keberadaan DRD Kabupaten Semarang, kelembagaan dan peran DRD dalam memberikan  saran masukan kepada Bupati Semarang. Antara lain evaluasi kebijakan Bus sekolah yang diubah dengan kebijakan Beli Layanan Bus sekolah, serta keterlibatan DRD dalam forum Perangkat daerah, Musrenbang serta sebagai reviewer dan narasumber dalam kajian, sebagai tindaklanjut Agenda Riset Daerah (ARD) yang telah disusun.

Ketua DRD Kabupaten Semarang, Bapak Prof. Dr. Yusriyadi, SH, MS serta seluruh anggota DRD yang hadir bergantian memberikan informasi terkait peran beliau di dalam keanggotaan DRD. Diskusi berjalan gayeng dan regeng dan terlihat pula rombongan dari Kabupaten Purworejo nampak memperoleh beberapa inspirasi yang akan ditindaklanjuti.

Write comment (0 Comments)

BARENLITBANGDA KABUPATEN SEMARANG DALAM PAMERAN PRODUK INOVASI (PPI) JAWA TENGAH TAHUN 2019 DI WONOSOBO

 

 

Pada pembukaan Pameran Produk Inovasi (PPI) dan Wonosobo Multi Event (WME) di Wonosobo tanggal 20-22 September 2019 dengan tema ”Iptek dan Inovasi Dalam Industri Kreatif 4.0” sebagai puncak peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) ke-24 Tingkat Provinsi Jawa Tengah, Bapak Wakil Gubernur berkenan meninjau stand Barenlitbangda Kabupaten Semarang dan berdialog dengan Firman Setyaji selaku penggagas pemberdayaan masyarakat dalam pemanfaatan gulma enceng gondok dari Rawa Pening dengan branding “Bengok Craft”.

Pemerintah Kabupaten Semarang melalui Barenlitbangda menampilkan beberapa produk inovasi, diantaranya : Buah dan bibit alpukat Wina, alpukat Kali Bening dari Asosiasi Petani Alpukat BERKAH JAYA Desa Jetis, Kecamatan Bandungan sangat menarik minat pengunjung karena profil buahnya besar dan tebal. “BENGOK CRAFT” dengan bahan baku Enceng Gondok yang merupakan tanaman gulma di Rawa Pening  dengan berbagai design unik dan menarik. Geplak Waluh dan variannya sebagai hasil olahan dari Labu Kuning “Waluh” merupakan hasil bumi melimpah di wilayah Getasan. Kopi Gunung Kelir dengan produk unggulan “ KOPI TANI GUNUNG KELIR” dalam kemasan sachet siap seduh. Selain itu juga produk dari “RESEP BUDE” yang mengolah hasil pertanian biofarmaka  menjadi minuman serbuk yang segar dan bermanfaat bagi tubuh kita, serta ‘TORAKUR” sebagai produk inovasi pengolahan hasil panen tomat yang melimpah di sekitar Bandungan.

Dalam PPI ditampilkan pula teknologi “Starter Motor Pinter” alat pengaman kendaraan berbasis smartphone hasil temuan siswa SMK Telekomunikasi Tunas Harapan Tengaran sebagai Pemenang Harapan pada Lomba KRENOVA Tingkat Provinsi Jawa Tengah Tahun 2018.

Pada Tahun 2019 Kabupaten Semarangjuga mendapatkan penghargaan sebagai Pemenang Harapan sekaligus Pemenang Favorit dengan temuan “Sistem Monitoring Cairan Infus Otomatis dan Laju Tetesan Menggunakan Sensor Load Cell HX711 dan Phototransistor Berbasis Arduino dan IoT” oleh Sdr. Lawrence Adi Supriyono (mahasiswa STEKOM Ungaran).

Guna mendorong budaya ramah lingkungan tampil pula peserta fashion show bahan daur ulang sampah yang didesain oleh Domenica Rila Setyo Cahyani, S.Pd (dari Ungaran) serta lomba kreasi daur ulang sampah oleh Bank Sampah Induk (Gedanganak Kabupaten Semarang).

Write comment (0 Comments)